Thursday, August 23, 2018

Traveling Pertama Pake Duit Sendiri

Aloha!! bakil lagi di blog gue
Kali ini gue mau cerita lebih tepatnya sharing pengalaman sih tentang traveling

Siapa sih yang nggak kepengen ngetrip kemana-mana pake duit sendiri ya kan?
Dan lebih bangganya lagi jalan-jalan pake duit hasil usaha lo sendiri, usaha ngumpulin duit hahaa
Selain nggak ngerepoting plus ngebebanin orang tua, lo juga belajar mandiri bukan cuma bisa mandi sendiri loh tapi mandiri how to manage your money, your time, you can distinguish what's important and not important for yourself.

Traveling pertama gue pake duit hasil usaha sendiri tuh pas gue lulus sekolah.
Destinasi gue ke Bandung dengan jarak dari Bekasi ke Bandung cuma 3 jam kurang lebih, gua berangkat pagi sekitar jam 09.45 lupa juga gue yaa sekitar jam segituan lah arrived di Bandung jam 12 an siang. Dan untungnya gue punya temen buanyaaak banget parah disetiap desa, kota, provinsi, jabodetabek, jawa, luar jawa, dipelosok manapun ada temen gue bahkan sampe di luar negeri ada temen gue karena saking banyaknya sampe gua gak pernah pusing mikirin penginapan gratis kecuali kalo gue pergi bareng keluarga yakali ajah gue numpang hidup dirumah orang ngajak rombongan se RT kan gokil.

Awalnya rencana maen di Bandung cuma 2/3 hari doang but,
Karena Bandung adem banget gue gak tau kenapa yaa ini pertanyaan yang sering terbesit di pikiran gue ya kalo dibandingin sama Bekasi Jakarta itu bedanya parah luar biasa Allahu Akbar padahal dengan jarak tempuh yang cuma 3 jam an doang bisa berubah gitu yak cuaca nya kan herman gue
Selain cuacanya yang selalu adem ayem nggak kayak muka gue yang kalo lo liat bawaannya kayak lo lagi di bawah matahari gersang gitu. Disana tuh wisatanya banyak, tingkat polusinya juga gak sengebul di Bekasi jadi kalo lo mau ngetrip jalan kaki juga it's okey gak masalah soalnya juga disana tuh tembok-tembok di trotoar nggak sepi jadi gak ngebosenin ada juga toko-toko artistik dan lukisan-lukisan keren di jual disepanjang trotoar, selain lo nikmatin sejuknya kota Bandung lo juga bisa take a picture gaya layaknya selebgram OOTD gitu dan banyak juga restoran yang desain nya kece-kece bagi yang punya dompet tebel sih sok mangga masuk aja tapi kalo ekonomi lo tipis ehhmm mending lo ngemis dulu deh haha.

Finally gue stay di Bandung seminggu sangat jauh syekalih dari ekspetasi gue. Dua hari gue di Cimahi, dua hari di Gegerkalong, sehari di Lembang dan sisanya gue di Cicalengka.
Pas di Cimahi gue maen ke TSB (Trans Studio Bandung) yang gue gak tau kenapa gue mau maen kesana padahal mahal banget secara gue punya duit sendiri jadi gue ngerasa kaya padahal maksa gaya bat emang gue.
Selama gue di TSB kayak gue gak bahagia samsek karena makanan disono wahgelaseeh mahal banget sampe gue mikir dulu kalo mau pesen makanan itu makan juga pake card mending amat boleh gitu bawa nasi bungkus, nah buat kalian yang pada mau ke TSB kudu dan wajib banget bawa duit banyak soalnya biaya disono mahal ya emang sih gue akuin tempatnya indoor dan juga permainannya seru cocok tuh buat kalian yang nggak suka di tempat yang mainstream biasanya juga suka ada performance dari luar kalo lagi weekend terus ada show khusus gitu jadi kalo mau nonton maen cepet-cepetan masuknya soalnya seat nya terbatas, kemaren si gue pas ada show action gitu jadi emang itu diadain buat kalian-kalian yang mau belajar tentang perfilman action. And most of people there that's what i like pegawai-pegawainya ganteng-genteng banget walaupun udah bapak-bapak yaah mungkin bisa ganteng gitu juga tiap hari menghirup udara yang seger lagi-lagi nggak kayak di Bekasi tiap hari makan asep. Pokoknya saran gue kalo kesono yee lo bawa ekonomi yang cukup kalo bisa lebih dan gue yakin kita senasib kalo ke TSB bawa duit sedikit pulang-pulang mati kelaperan kan nyiksa.

Pas di Gegerkalong gue cuma stay di kosannya temen gue namanya panjang panggil ajah dia "Asgor" 2 hari di kosannya, nyoba skip ngetrip bentar gue masih nggak ngebayangin kemaren gue nyiksa diri gue di TSB dan ngabisin duit buat something yang gak guna buat diri gue apalagi buat orang lain. Btw gue kira nginep di kosan orang tuh gratis ternyata bayar juga mayan men gocap 50k semaleman doang elah segitu mahalnya Bandung tapi gak tau yaa mungkin sebagian kosan nggak menerapkan sistem kayak gitu. Besoknya gue ke Lembang bareng temen gue yang kebetulan waktu itu dia hidup di Bandung namanya "Thea", kita bertiga maen ke Lembang yang pada saat itu gue pengen banget maen ke air terjun ekspetasi gue kan ke air terjun liat air jernih suara deburan air mengenai bebatuan curam dan bego nya kita bertiga kesana pas lagi ujan gede banget sesampainya disanya ekspetasi gue hancur dan yang gue liat cuma air terjun butek. Jadi intinya kita kesana cuma liat air terjun Maribaya yang butek dan cuma bisa foto-foto dengan background air butek itu. Abis putu-putu ala ala gitu kita bakil dan nyari makanan yang paketan alias murah tapi lengkap untungnya ada.

Ini yang namanya Asgor
Badan kecil tapi umurnya setahun lebih tua dari gue
Anak sultan dan punya pom bensin sendiri tapi tetep baik hati dan tidak sombong

Nah, yang ini namanya Thea
Sama sih kayak si Asgor badannya kecil dan umurnya setahun lebih tua dari gue
Dia anak betawi asli kayak gue dan dia cucuknya Malih artis temennya H. Bolot

Here we are
Keliatan banget kan background nya air butek that's what i say

Hari kelima gue minggat dari kosan kerumah aslinya temen gue di Cicalengka. Jujur ini momen yang paling seru si selama gue trip di Bandung, you know what? gue ke Cicalengka malem-malem naek mobil truk men yoman truk yang gede itu loh yang biasanya di pake buat ngangkut barang-barang yang dikirim ke luar kota bersama akang-akang pegawai bokapnya temen gue ini secara dia kan anak sultan jadi bebas mau nyuruh siapa bae.
Pagi nya kita berdua jalan lagi keliling kota Bandung untuk kesekian kalinya, destinasi gue selanjutnya dari Stasiun Bandung ke Masjid Raya Agung. Di masjid ini bukan cuma bangunan masjidnya yang gede dan mewah tapi lingkungan sekitar masjidnya juga ramah, jadi di Masjid Raya Agung itu sistemnya bukan hanya memprioritaskan orang-orang yang mau beribadah saja tapi juga memberikan kenyamanan dan kepuasan bagi pengunjung yang datang dengan disediakannya lapangan dengan rumput hijau yang sintesis nggak jauh beda sama rumput lapangan di stadion jadi mau lo jungkir balik sampe balik jungkir diatas rumput juga gak akan diusir

 


Dengan kursi-kursi santai disekelilingnya juga disediain trotoar bagi pejalan kaki dan ada background kalimat Bandung jadi cocok buat kalian yang travelphotographer kayak udah resmi gitu ke Bandung.
Lanjut nelusurin jalan ke kawasan Gedung Merdeka tepat seberangan sama masjid ini, di Gedung Merdeka sepanjang jalannya itu banyak banget orang-orang yang kerja dengan bergaya menyerupai hantu, robot, pahlawan banyak deh dan kalian kalo kesana pasti bakal nemuin itu gimana mereka dapet duit itu nanti pengunjung akan foto bersama mereka dan setelah itu pengunjung akan memberikan imbalannya. Disana juga disediain stand makanan, aksesoris, mainan, aneka belanjaan untuk oleh-oleh dan suka ada event-event musik, tari, karya seni, dsb. Musium Asia-Afrika, musium ini letaknya searah sama Gedung Merdeka tapi pas gue lewat musiumnya tutup gak tau kenapa jadi gak sempet masuk deh. Nggak berhenti sampe disitu kita lanjutin perjalanan kita dan berakhir di BIP (Bandung Indah Plaza) katanya sih ini mall yang paling trending di Bandung. Gue akui ini perjalanan yang paling ekonomis sangat amat ekonomis dan seru saking ekonomis nya kita berdua jalan kaki dari stasiun Bandung ke tempat-tempat yang gue sebutin tadi gila kan kalo di ukur itu jauh banget men sampe di BIP kaki gue udah pada lecet parah rasanya udah mati rasa gak berdaya gitu kaki gue di ajak jalan sejauh itu dan tubuh gue yang aslinya lebay kalo di ajak jalan jauh kemana-mana itu bawaannya lemes kayak orang ayan pas waktu itu budget duit tiris dan gue masih ngotot buat nonton untung ada temennya si Asgor yang baek mau beliin gue makanan *pokoknya tengkyu kalo gak ada lo dan atas izin Allah gue gaktau nasib gue gimana dah

Hari ketujuh di Bandung karena hari minggu gue mutusin buat cfd an, kan biasanya klo cfd di Bekasi tuh larinya ke jalanan aspal nah kalo dirumahnya si Asgor itu cfd nya naek-naek ke puncak gunung gitu yang kanan kiri nya ada pohon cemara hahaa. 
Tepat seminggu di Bandung gue bakil kerumah gue ngerasa juga gila men gue maen lama banget mentang-mentang pake duit sendiri sampe lupa diri.

Tapi yah emang enak nya traveling pake duit sendiri tuh gitu, lo mau jungkir balik kek juga itu duit lo gitu loh asalkan lo jangan kelewatan ajah yakali hari pertama lo makan di resto bintang 5 terus besoknya lo ngemis kan lucu. Tips-tips dari gue nih kalo traveling pake duit sendiri :
  1. Pastiin duit yang lo bawa itu bener-bener duit lo sendiri kalo bisa pas itu lo gak punya utang kan repot kalo lo udah siapin duit buat liburan ternyata temen lo nagih utang-utang lo
  2. Ijin ke orang tua itu wajib, ke tetangga, ke sodara kalo perlu karena serem juga kalo lo pergi tanpa ijin kan lo gaktau apa yang terjadi di luar sana
  3. Buat lo yang perginya alone kayak gue kudu mastiin info transpot apa yang bakal lo pake dari jauh-jauh hari, nanti bakal berhenti di mana, perkiraan dari pemberhentian transpot ke penginapan jauh atau nggak kecuali buat kalian yang dijemput dan nggak semua tempat aman, lo kudu hati-hati sama barang-barang lo, jangan sampe lengah karena pinteran copet dari lo pokoknya kamera, dompet,hp taro tempat yang aman jangan sampe orang laen gampang liat intinya jangan kebanyakan gaya dulu deh
  4. Pinter-pinter manage duit, waktu dan jangan malu buat nanya kalo lo nggak mau nyasar
  5. Selebihnya hak lo, mau kemanapun kalian yang penting pastiin dulu tempatnya, jaraknya, efeknya, jelek baiknya gimana tempat itu ini penting
  6. Kalo prinsip gue, kemanapun gue pergi asalkan ada ilmu dan pengalaman yang bisa gue ambil dari perjalanan gue
  7. Actually the best trip is there's knowledge and experiance that we can take in it and most importantly you're happy
Kota Bandung adalah kota dengan sejuta keindahannya yang telah Tuhan berikan dan anugerahkan untuk bisa dinikmati oleh para penikmat hidup dan tugas untuk kita semua adalah menjaga dan melestarikannya karena 
Kota Pasundan lahir ketika Tuhan sedang tersenyum -M.A.W Brouwer-

8 comments:

  1. Indah kan rin ?? Tetep indah bandung meski lu mau mati rasanya jalan kaki dari stasiun ke bip? wkwk

    ReplyDelete
  2. Indah banget dan masih berharap bisa maen kesana lagi, disana akang-akangnya kasep hahaa

    ReplyDelete
  3. emang bandung tuh kota yg gabisa di lupain♡♡

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bandungnya atau orangnya?? Hmmm
      Ya literally Bandung emang gak akan terlupakan *tempatnya

      Delete
  4. Manjiw ajalah, tinggal nunggu jadi partner travel ajalah gue. kayak udh ahli ni anak :D

    ReplyDelete
  5. mau dong diajakin travelling biar bisa difoto jg sm arin

    ReplyDelete

ANAK RANTAU

Dari cerita dan pengalaman yang gua denger kebanyakan orang Ternyata enggak semua orang tau tentang arti makna luas kisah dibalik anak-ana...